Tips Mengatur Keuangan Mahasiswa yang Sedang Merantau

Tips Mengatur Keuangan Mahasiswa yang Sedang Merantau

Mahasiswa adalah agen perubahan bangsa ini. Mahasiswa tersebar di seluruh daratan Indonesia dengan perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta ataupun sekolah kedinasan pilihan masing-masing. Banyak sekali mahasiswa yang merantau ke daerah-daerah yang memiliki perguruan tinggi negeri atau swasta terfavorit. Pulau Jawa merupakan sasaran para lulusan SM yang datang dari berbagai penjuru provinsi di Indonesia, ada yang datang dari Sumatera, Kalimantan, Aceh bahkan Papua.

Mahasiswa yang menetap di sebuah daerah baru tentunya harus menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan, bahasa yang digunakan, jenis makanan dan kondisi masyarakatnya. Hal ini juga perlu disesuaikan dengan pengeluaran atau biaya hidup selama merantau. Mahasiswa yang tinggal jauh dari orangtua atau tempat asal biasanya tinggal di rumah susun mahasiswa atau rumah kos yang disesuaikan dengan kemampuan orangtua yang membiayai. Tak jarang mahasiswa seringkali susah untuk mengatur keuangan per bulannya, sehingga ada istilah awal bukan kaya-raya akhir bulan melarat.

Mengatur uang bulanan bukanlah hal yang mudah bagi mahasiswa yang tergolong cukup dan pas. Bagi mahasiswa yang keuangannya cukup biasanya dikirim lebih oleh orangtuanya, sedangkan mahasiswa yang keuangannya pas biasanya dikirim pas sesuai dengan kebutuhan pangan. Namun, mengatur keuangan terbilang sulit bagi yang belum terbiasa untuk membedakan kebutuhan yang perlu dengan kebutuhan yang diinginkan. Oleh karena itu diperlukan beberapa tips bagi mahasiswa perantauan untuk mengelola keuangannya sehingga dapat stabil di awal hingga akhir bulan menanti.

Menghemat itu baik asal jangan menyiksa diri sendiri hingga tidak dapat menikmati makanan yang enak atau tidak dapat bermain bersama teman-teman. Beberapa tips mengatur keuangan bagi mahasiswa yang sedang merantau, dengan tips ini mahasiswa dapat menikmati makanan yang enak dan bermain bersama teman-teman tanpa krisis. Tips-tips tersebut diantaranya adalah:

Tips Mengatur Keuangan Mahasiswa yang Sedang Merantau

• Membuat pembukuan, yaitu menuliskan jumlah dan asal pemasukan tiap bulannya, merincikan keperluan pribadi maupun keperluan kuliah beserta biayanya, dan pengeluaran disesuaikan dengan rincian yang telah dibuat serta mencatat setiap pengeluaran.
• Memiliki daftar kedai atau warung makanan yang bersahabat bagi kantong mahasiswa, kedai atau warung ini menjadi langganan mahasiswa setiap harinya.
• Membawa minum atau makanan sendiri, saat jeda antar mata kuliah tidak terlalu lama seringkali mahasiswa membeli minuman dan snack di kantin kampus. Biasakan untuk membawa minuman sendiri dan bekal makanan sehingga dapat mengontrol keinginan makan yang berlebih.

Tips-tips ini merupakan tips dasar bagi mahasiswa baru dan dapat segera di aplikasikan. Ini mungkin bukanlah hal yang mudah karena harus menekan keinginan mahasiswa akan sesuatu. Namun, dengan cara inilah keuangan dapat stabil hingga akhir bulan. Selain itu, sekarang ini banyak mahasiswa memilih memiliki pekerjaan sampingan untuk memenuhi keinginan mereka akan sesuatu dan tentu baik karena mengajarkan bagaimana seseorang bekerja untuk mencari uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *