Si Pahit Yang Bermanfaat Itulah Biji Mahoni

Si Pahit Yang Bermanfaat Itulah Biji Mahoni

Kebanyakn obat memang memiliki rasa yang pahit, begitupun dengan biji mahoni yang terkenal sangat pahit ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sepertinya anda harus mengesampingkan rasa pahitnya untuk mendapatkan manfaat dari biji mahoni ini. Untuk mndapatkan biji mahoni ini pun terbilang cukup mudah karena banyak kita jumpai di pinggir jalan.

Tanaman mahoni adalah tanaman pohon yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tanaman mahoni biasanya di tanam disekitar tepi jalan atau depan rumah. Tanaman mahoni menurut sejarah berasal dari daerah hindia barat. Nama latin tanaman mahoni adalah  Swietenia Mahagoni L. Jacq. ‎Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman mahoni mempunyai nama yaitu West Indian mahogany. Tanaman mahoni ini mempunyai ciri-ciri yaitu ukuran pohonya yang besar  dengan buah yang berwana kecoklatan dan di dalam buahnya terdapat bij gepeng yang mempunyai rasa sangat pahit. Kegunaan dan fungsi tanaman mahoni bagi sebagian masyarakat kita digunakan sebagai pohon perindang di pinggir jalan karena pohon mahoni ini pertumbuhannya cepat dan dapat menyerap polusi udara sehingga cocok sebagai tanaman perindang. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman mahoni ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Mahoni

Tanaman mahoni merupakan tanaman yang termasuk salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman Meliacea. Tanaman mahoni memiliki ukuran pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35–40 m dan diameter pohon tanaman mahoni mencapai 125 cm. Tanaman mahoni pertumbuhan batangnya lurus keatas.  Kulit tanaman mahoni pada bagian luarnya berwarna abu-abu, dengan tekstur yang beralur dangkal mirip sisik.  Tanaman mahoni berbunga setelah berumur 7 tahun. Mahkota bunga tanaman mahoni berbentuk  silindris, berwarna kuning kecoklatan, benang sari tanaman mahoni melekat pada mahkota. Kepala sari tanaman mahoni berwarna putih, kuning kecoklatan. Buah tanaman mahoni berbentu bulat lonjong mirip microfon dan warnanya cokelat. Ketika buah tanaman mahoni matang maka buahnya tersebut akan terbelah menjadi lima bagian seperti buah durian. Pada bagian dalam buahnya terdapat biji yang berbentuk gepeng memanjang pada bagian pangkalnya berisi yang saling menumpuk jika  dibelah terdapat seperi serbuk berwarna putih. Habitat tanaman mahoni terdapat pada dataran rendah sampai ketinggian ± 700 m dpl. Tanaman mahoni banyak ditemukan tumbuh liar di hutan dan tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai.  Tanaman mahoni hidup pada daerah yang mempunyai intesistas sinar matahari yang banyak dan sedikit curah hujan. Tanaman mahoni berkembang biak menggunakan biji dan stek batang.

Manfaat Mahoni mulai dari buah hingga biji dan pohonnya bagi kesehatan cukup populer dikalangan herbal. Pohon mahoni, ditemukan di wilayah Pasifik Selatan terutama di Kepulauan Solomon. Tanaman mahoni ini dikenal dengan kayu indah yang digunakan untuk furnitur dan ukiran. Namun, tanaman mahoni juga memiliki kegunaan yang kurang dikenal, bagian biji dan buah mahoni dapat digiling dan diambil untuk berbagai manfaat kesehatan.

Biji mahoni dikenal di mana pohon-pohon mahoni tumbuh dan dengan akrab digunakan sebagai bagian dari makanan yang bervariasi dan sehat. Selain itu, menggiling biji mahoni menjadi bubuk dan meminumnya dengan air. Saat ini, ekstrak biji mahoni ada dalam bentuk kapsul, sebagai suplemen makanan. Biji mahoni mengandung 33 jenis flavonoid dan 27 jenis saponin, hal ini membuatnya lebih kaya nutrisi tanaman padat nutrisi lainnya, seperti ginseng. Selain itu juga mengandung berbagai vitamin, mineral, protein, dan asam lemak yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang sehat.

Berikut ini beberapa manfaat Buah dan Biji Mahoni :

1. Menyehatkan Jantung

Salah satu keuntungan terbesar dari biji mahoni adalah efeknya pada peningkatan sirkulasi darah. Flavonoid dalam biji mahoni langsung membantu dalam meningkatkan sirkulasi, sedangkan saponin baik untuk kesehatan jantung. Kombinasi nutrisi dalam biji mahoni membuat pengobatan alami yang baik untuk mendorong kesehatan jantung dan sirkulasi darah yang lebih baik.

2. Mengontrol Gula Darah

Manfaat positif lain dari biji mahoni adalah efeknya yang mampu mengatur gula darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kandungan saponin yang ada pada tanaman mahoni, langsung bertanggung jawab untuk membantu mengeluarkan gula darah.

3. Penangkal Serangga

Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, dapat berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Secara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga. Bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak bisa menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk pembawa malaria, bubuk biji mahoni dapat digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga.

4. Mengatasi Sembelit

Ketika menderita sembelit, sulit untuk membantu melewati hari. Manfaat kesehatan dari buah mahoni datang untuk manfaat ini. Biji buah langit yang dihancurkan dapat diminum bersama dengan air hangat untuk meredakan sembelit.

5. Mengurangi Alzheimer

Jika menderita penyakit Alzheimer, dapat menambahkan buah mahoni ke dalam makanan, misalnya bubuk biji mahoni yang di seduh bersama dengan secangkir susu. Penyakit Alzheimer tidak dapat disembuhkan dan tidak regeneratif, oleh karena itu bentuk-bentuk bantuan untuk bertahan hidup seperti ini sangat diperlukan.

6. Nyeri Haid

Wanita yang sedang mengalami nyeri haid dapat mengekang rasa sakit ini dengan bantuan buah mahoni. Makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi, akan mengurangi rasa sakit.

7. Tingkat Kehamilan

Jika sedang mencoba untuk hamil dan memulai sebuah keluarga, namun tidak mampu melakukannya karena impotensi, buah mahoni dapat memberikan keajaiban. Daging buahnya yang dikonsumsi dapat meningkatkan peluang kesuburan.

8. Kurang Nafsu Makan

Jika kemungkinan kita bertanya-tanya mengapa tubuh tidak bisa mendapatkan berat badan dengan semua makanan sehat yang telah konsumsi. Buah mahoni dapat menjadi pilihan lain, yang bermanfaat bagi mereka yang ingin menambah nafsu makan. Dengan demikian akan menambah berat badan secara bertahap.

Penggunaan lainnya Buah Mahoni

Ekstrak buah mahoni dan biji mahoni bubuk keduanya merupakan suplemen gizi yang dapat diambil untuk berbagai hasil positif. Manfaat kesehatan dari buah mahoni dan biji mahoni lainnya meliputi :

memerangi radikal bebas dengan antioksidan
menurunkan membangun lemak dalam aliran darah
menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengambil suplemen biji mahoni teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda dalam berbagai cara, dan dengan demikian menyebabkan lebih kesejahteraan umum.

Pengobatan Tradisional Dengan Buah Mahoni

Buah mahoni sering berjatuhan disekitar pohonnya, sehingga sering diabaikan. Penelitian baru-baru ini menunjukkan beberapa kandungan alami mahoni dapat mengurangi permasalahan kesehatan. Buah-buahan dengan rasa pahit seperti buah mahoni digunakan sebagai tanaman herbal, seperti yang juga terdapat pada manfaat buah mengkudu ataupun manfaat pare . Di balik rasa pahitnya itu dapat dimanfaatkan untuk dibuat resep obat tradisional seperti berikut ini :‎

Mengurangi gejala hipertensi – Caranya : serbuk mahoni sebanyak 1/2 sendok diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Tambahkan sedikit madu dan minumlah selagi hangat. Minum 2 sampai 3 kali sehari

Mengatasi gejala kencing manis – Caranya : sebnayak 1/2 sendok serbuk buah mahoni diseduh dengan sepertiga gelas air panas. Selagi hangat dapat diminum, 30 menit sebelum makan.

Menambah nafsu makan – caranya : setengah sendok serbuk mahoni, kemudian seduh dengan 1/3 cangkir air panas kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum selagi masih hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

Efek Samping Mengkonsumsi Mahoni

Disamping manfaatnya yang cukup banyak, ada juga sedikit efek sampingnya. Dari catatan di atas ada 2 bahan kandungan biji Mahoni:

1. Saponin,
2. Flavonoid

Yang nomor 1 perlu diwaspadai, karena dalam jumlah tertentu akan meningkatkan resiko terjadinya kolesterol pada cairan empedu, yang pada akirnya akan menimbulkan batu empedu. Disamping itu juga bertindak sebagai steroid. Yang nomor 2, maksimal dosis per hari adalah 200 mg.

Disamping itu itu orang tertentu, rupanya belum sampai ke meningkatnya kolesterol cairan empedu, sudah merasa sakit di ulu hati. Jadi, asal bisa mengukur dosis, dan tidak digunakan dalam waktu yang lama, mungkin karena efek flavonoida yang membantu permeability atau kelenturan pembuluh darah, maka memang bisa digunakan untuk tekanan darah tinggi.

Masalahnya, dalam penelitian mengenai saponin, tidak menggunakan mahoni, juga dalam database depkes tidak ada banyaknya kandungan perbiji berapa. Karena manusia itu unik, juga, tumbuhan mahoni dengan tempat tumbuh tertentu menghasilkan kadar tertentu juga maka menjadi sukarlah bagai kita untuk mengatur dan menentukannya.

Menurut pengalaman praktisi herbalis, sebaiknya cukup dimakan 1 biji perhari, jika dimakan langsung. Dosis yang lain disetarakan dengan itu.

Batang pohon mahoni, diambil kayunya untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan furniture perkakas rumah tangga. Bagian lain masih jarang tersentuh adalah buahnya. Pada artikel ini akan kita bahas secara khusus mengenai kandungan baik yang menjadikan manfaat buah mahoni banyak dikembangkan untuk berbagai macam pengobatan tradisional.‎

Itulah beberpa manfaat dari si pahit biji mahoni yang berguna untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *