Candi Cangkuang

Pesona Garut Candi Cangkuang

Salahsatu aktivitas yang biasa saya lakukan ketika jenuh menghampiri karena aktivitas kerja adalah dengan melakukan kunjungan wisata ke tempat wisata di Garut terdekat. Nah liburan akhir pekan saya berkunjung ke Candi Cangkuang yang memang tempat wisata ini belum pernah saya kunjungi meskipun letaknya tidak begitu jauh dari tempat saya tinggal. Maklum sudah anak sudah banyak sehingga setiap waktu libur tiba selalu mengondisikan waktu liburan untuk mengunjungi tempat-tempat yang memang sudah dilengkapi dengan fasilitas bermain anak dan pastinya Candi Cangkuang tidak cocok untuk dikunjungi apabila liburannya membawa balita karena tidak terdapat fasilitas bermain untuk anak-anak.

Tujuan berlibur ke Candi Cangkuang yang pertama saya ingin tahu lebih detailnya tentang sejarah Candi ini berdasarkan informasi dari sumbernya yang tentu bisa dipertanggungjawabkan sehingga nantinya informasi tersebut akan saya muat di website pesona garut untuk kepentingan umum terutama orang luar daerah Garut bisa dengan mudah mengetahui sejaran dan apa saja fasilitas yang ada di Candi cangkuang.

Berdasarkan fakta dilapangan yang saya dapatkan ketika saya berkunjung disini pada tanggal 6 mei 2017. Objek wisata ini cukup ramai dikunjungi wisatawan luar daerah Garut seperti Bandung, Cirebon, Purwakarta bahkan saya melihat ada 2 orang turis asing. Hal ini menandakan bahwa objek wisata yang satu ini memiliki daya tarik yang luar biasa.

Lokasi Candi Cangkuang terletak disebuah pulau kecil ditengah danau Cangkuang atau lebih akrabnya lagi Situ Cangkuang. Untuk mengaksesnya pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 10 menit menggunakan rakit bambu milik warga sekitar dengan biaya sewa 5.000 rupiah pulang pergi. Selain Candi, dipulau ini juga terdapat sebuah makam embah dalem Arief Muhammad yang posisinya terletak disamping Candi serta terdapat musium yang didalamnya terdapat peninggalan-peninggalan kuno seperti alquran dari media kulit kayu dan lain-lain. Selain itu terdapat juga pemukiman rumah adat kampung pulo yang budayanya masih tetap terjaga sampai saat ini.

Kesimpulan yang saya dapatkan setelah berkunjung disini adalah tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata dan ziarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *