g

Museum Geologi, Wisata Edukasi di Bandun

gKota bandung merupakan kota dengan destinasi wisata yang sangat beragam. Tidak hanya wisata alam dan kuliner, tetapi juga bangunan-bangunan serta benda-benda sejarah yang dapat kita temui disana. Salah satunya adalah Museum Geologi Bandung. Museum ini merupakan salah satu bangunan yang berumur cukup tua, yaitu didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Letaknya di Jalan Diponegoro no 57 Bandung. Letaknya yang berada di tengah kota, membuat stasiun ini strategis dan mudah dikunjungi dengan angkutan umum. Tepatnya berada di dekat Gedung Sate, yang menjadi Ikon dari Kota Kembang itu sendiri. Harga tiket masuknya juga cukup murah. Cukup dengan 3000 rupiah. Untuk pelajar, harganya akan lebih murah yaitu 2000 rupiah saja. Sedangkan untuk wisatawan asing, harganya 10000 rupiah. Dengan harga tersebut, anda sudah dapat menikmati keanekaragaman benda-benda yang tersimpan di dalam museum ini. Mulai dari fosil-fosil, bebatuan, dan juga mineral.

Museum ini sering menjadi destinasi wisata bagi wisatawan domestic, maupun mancanegara. Tak hanya itu, sekolah-sekolah juga sering mengadakan kegiatan study tour mengunjungi museum ini. Pada sejarahnya, Museum Geologi Bandung, sempat mengalami renovasi oleh pemerintah Jepang. kemudian sampai saat ini dirawat dengan baik sehingga peninggalan-peninggalannya masih sangat terjaga. Museum ini dibuka kembali oleh Ibu Megawati pada 23 Agustus tahun 2000 setelah sebelumnya di renovasi. Di museum ini juga pengunjung akan disuguhi pelajaran mengenai bumi, bencana alam, cara mengolah energy, serta pemanfaatan sumber daya alam yang baik.

Musium ini memiliki 2 lantai. Lantai satu pada ruang tengah akan anda temui animasi kegiatan geologi, system tata surya, fosil manusia purba, jenis-jenis batuan, seperti bakuan sedimen, batuan beku, dan batuan malihan, sejarah evolusi manusia, dan masih banyak yang lainnya. Kemudian jika anda memasuki lantai dua Museum Geologi Bandung, ruangan akan dibagi menjadi, bagian tengah, barat, dan timur. Di bagian tengah anda akan menemui batuan asal papua, miniature pengeboran gas bumi, minyak bumi,  maket tambang emas di Irian Jaya dan masih banyak hal-hal lain yang bisa anda temui disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *