kopi-di-garut

Mulai Dari Green Cofee Bean Hingga Jadi Kopi Siap Saji

kopi-di-garut

Sebagian besar orang banyak yang memilih untuk mengkonsumsi kopi pada pagi hari supaya mereka bisa lebih bersemangat lagi dalam menjalankan berbagai macam aktivitas. Kopi juga yang pastinya tak hanya kerap dikonsumsi oleh para pria saja, karena banyk pula para kaum wanita yang gemar mengkonsumsi kopi, yang memiliki cita rasa yang unik dan tinggi. Berbagai macam jenis dan macam kopi juga ada begitu banyak sekali, dan tentu saja bisa dengan bebasnya dipilih sesuai dengan selera. Mulai dari kopi harga kaki lima hingga kopi yang dibanderol dengan harga selangit pun ada banyak sekali. namun apasaja biji kopi : semua yang harus kita ketahui dari buah hingga siap saji. Karena yang pastinya kopi yang anda minum setiap harinya tersebut melalui proses pengolahan yang sangat panjang sekali. Mulai dari buah, hingga kopi yang siap untuk anda minum. Berikut ini beberapa informasi mengenai biji kopi : semua yang harus kita ketahui dari buah hingga siap saji.

Minum kopi

-Proses 1 : pemanenan kopi
Biasanya buah kopi akan siap panen pada musim kemarai. Untuk cirri-ciri dari kopi yang sudah siap panen adalah memiliki kulit buah yang berwarna merah, teksturnya empuk dan tentu saja memiliki aroma yang khas. Biasanya untuk pemanenan kopi ini dilakukan dengan cara yang manual. Yaitu langsung memetiknya secara langsung. Pemanenan kopi pun biasanya dilakukan secara berkali-kali hingga kopi yang sudah matang habis. (baca juga artikel green coffee pelangsing)

-Proses 2 : penyortiran buah kopi
Setelah proses pemanenan sudah selesain dilakukan. Maka tahap yang selanjutnya adalah proses penyortiran dari buah kopi tersebut. biasanya ada kopi mentah atau belum mateng yang ikut terbawa saat pemetikan. Jadi perlu dipisahkan kopi yang sudah matang dan belum sempurna matangnya. Karena kualitasnya tentu saja berbeda.

-Proses 3 : penjemuran buah kopi
Jika proses penyortiran telah selesai untuk anda lakukan. Maka tahap yang berikutnya adalah proses penjemuran dari buah kopi tersebut. jemurlah 2 sampai dengan 3 hari. Agar buah kopi menjadi kering dan juga semakin mudah untuk mengupas kulitunya.

-Proses 4 : pengupasan kulit kopi
Lalu setelah penjermuan sudah dilakukan maka anda pun bisa melakukan proses pengupasan kulit kopi. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk pengupasan kulit kopi ini. bisa dengan menggunakan cara tradisional maupun menggunakan cara yang modern.

-Proses 5 : penjemuran biji kopi
Setelah semua buah kopi sudah dikelupas kulitnya, maka tahap yang selanjutnya adalah menjemur biji kopi tersebut. untuk proses penjemuran sendiri membutuhkan waktu 5 sampai dengan 7 hari. Agar kadar air yang ada didalam biji kopi tersebut tinggal 30 sampai dengan 35 %. (lihat juga : Black Coffee Original Bantu Meredakan Stress )

-Proses 6. Pemanggangan
Agar cita rasa kopi semakin tinggi, maka dilakukan yang namanya proses pemanggangan. Agar kopi berubah warnanya menjadi lebih gelap lagi. Cara yang digunakan bisa menggunakan oven atau menggunakan cara yang tradisional. Yaitu dengan menggoreng kopi tanpa menggunakan minyak.

-Proses 7 : penggilangan kopi
Untuk proses yang terakhir adalah penggilingan kopi supaya bisa menjadi bubuk yang siap untuk diseduh menjadi secangkir kopi yang mantap dan nikmat. Saat ini pun sudah semakin banyak mesin penggiling kopi modern.
Informasi mengenai biji kopi : semua yang harus kita ketahui dari buah hingga siap saji yang kami berikan ini semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *