cara memutihkan kulit wajah

19 Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Bahan Alami

Banyak dari kaum perempuan yang mendambakan kulit wajah putih berseri sehat alami dan mungkin salah satunya adalah Anda atau pasangan bahkan orang terdekat di sekitar Anda. Memiliki kulit wajah yang cerah tentunya akan menambah rasa percaya diri ketika tampil di depan publik bahkan upload foto selfie di sosial media seperti instagram dan facebook. Tak heran banyak dari mereka yang menginginkan ini rela untuk mengeluarkan rupiah sekalipun nominalnya tidak masuk akal guna membeli produk-produk kosmetik yang dipercaya bisa memutihkan, mencerahkan, menghaluskan wajah dalam waktu singkat. Ironisnya lagi, tidak sedikit dari mereka ceroboh memilih atau menggunakan produk-produk skincare yang legalitasnya tidak jelas dalam arti produk tersebut belum mengantongi izin edar dari badan pengawasan obat dan makanan republik Indonesia (BPOM).

Selain produk skincare seperti Trulum Synergy, Ertos Beauty Care dan klinik kecantikan, ada cara lain untuk membuat kulit wajah enak di pandang yang hasilnya bisa cepat bahkan bisa didapat dalam hitungan hari yaitu dengan cara suntik putih. Metode penyuntikan dengan cairan khusus ke pembuluh darah ini adalah cara yang lagi trend sekaligus kontroversi karena tidak sedikit pakar kesehatan berpendapat jika cara ini tergolong cara yang cukup berbahaya karena bisa menimbulkan efek samping buruk terhadap kesehat kulit serta menimbulkan efek ketergantungan terhadap pengguna yang sudah terlanjur cocok. Jadi, kenapa harus pilih cara yang aneh, jika masih ada cara alami yang sifatnya tidak menimbulkan efek samping berhaya terhadap kesehatan kulit.

Sebelum kita membahas bagaimana cara memutihkan wajah dengan cepat alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia, ada satu hal yang harus Anda ketahui yaitu jenis kulit wajah karena setiap orang memiliki jenis yang berbeda sehingga hal ini patut diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan tindakan perawatan kulit baik dengan cara tradisional maupun penggunaan produk kecantikan. Untuk mengetahui apa jenis kulit yang Anda miliki caranya cukup mudah yaitu ketika bangun tidur pagi hari, ambillah satu lembar kertas tisu kemudian usapkan pada wajah. Perhatikan ciri-cirinya berikut ini.

1. Jenis kulit sensitif

Kulit sensitif umumnya sangat kering bahkan cenderung meradang plus iritasi. Kategori kulit ini mudah bersisik dan kemerahan. Selain dari itu, kulit sensitif juga kerap merasakan gatal dan rentan terhadap berbagai produk. Jika ini adalah kategori kulit Anda, jangan sembarangan memakai produk karena kulit sensitif memerlukan perawatan khusus. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit sebelum memakai produk atau melakukan perawatan dengan cara tertentu.

2.Jenis kulit Berminyak

Bila kulit Anda masuk kedalam kategiru kulit berminyak, pada kertas tisu akan terlihat banyak bintik-bintik minyak di beberapa area, terutama daerah pipi, hidung, dan dahi. Kulit berminyak ini cenderung memiliki tekstur tebal, kasar, mengkilap, dan mudah berjerawat.Namun kulit berminyak tidak rentan terhadap penuaan dan kerutan. Untuk perawatannya, hindari krim dan segala produk yang memakai banyak minyak agar tidak semakin berminyak.

3.Jenis kulit kombinasi

Kategori kulit ini umumnya akan terlihat berminyak pada beberapa area wajah, seperti hidung dan dahi, Namun tidak pada bagian pipi. Kulit kombinasi ini merupakan perpaduan jenis kulit kering dan berminyak. Perawatannya memerlukan penanganan berbeda. Untuk daerah sekitar pipi dan mata yang kering, gunakanlah produk yang mengandung pelembap. Sedangkan untuk area berminyak pada dahi dan hidung, lakukanlah pembersihan secara rutin dan hindari produk yang banyak mengandung minyak.

4. Jenis kulit kering

Jika jenis kulit indi yang miliki, maka kertas tisu tidak akan berminyak, namun wajah akan terasa bersisik dan kering. Kulit kering cenderung memiliki warna yang pucat, keriput, dan sangat rentan terhadap penuaan. Untuk perawatannya, cukup menggunakan masker alami dan pelembap wajah secara rutin dan teratur.

5. Jenis kulit normal

Bila kulit Anda termasuk dalam ketegori jenis kulit normal, bekas minyak tidak akan terlihat di kertas tisu. Selain itu, kulit normal biasanya memiliki tekstur elastis, kenyal, dan jarang memiliki masalah kulit. Jenis kulit ini juga merupakan jenis kulit yang bersih dan halus.

Setelah Anda Mengetahui jenis jenis kulit, Sekarang Anda tentunya mengetahui kulita wajah Anda termasuk ke jenis kulit yang mana? Kini saatnya anda memutihkan kulit wajah secara alami.

Banyak cara alami yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan wajah Anda. Dalam peoses memutihkan kulit wajah, cara alami banyak digunakan karena cara ini merupakan salah satu solusi mendapatkan kulit wajah yang putih dan cerah yang paling aman, dan jika digunakan secara tepat dan rutin maka hasil yang diperoleh bisa memuaskan dan tentunya ridak mengeluarkan banyak biaya.

Berikut ini cara-cara memutihkan wajah dengan cara alami:

Menggunakan buah-buahan
Salah satu cara memutihkan kulit wajah secara alami yaitu dengan menggunakan buah-buahan. Ada beberpa buah yang sering digunakan diantaranya sebagai berikut.

1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis banyak mengandung antioksidan yang mana antioksidan tersebut baik untuk kesehatan kulit. Buah yang satu ini bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit, selain itu buah ini juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah.

Cara penggunaannya
Peraslah Jeruk Nipis, kemudian air perasannya dicampurkan degan putih telur. Setelah itu lulurkan campuran tersebut secara merata pada area kulit. Selanjutnya diamkan kira-kira kurang lebih 20 menit kemudian cuci muka Anda dengan bersih menggunakan air hangat. Cara memutihkan kulit wajah dengan metode ini sangat baik bagi anda yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak. anda juga bisa menggunakan madu khusus untuk jenis kulit ini.

2. Pisang
Buah pisang yang enak ini ternyata kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami.

Cara penggunaannya
Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut selanjutnya Tambahkan 1 sdm madu
Kemudian campurkan hingga rata lalu Oleskan pada wajah. Setelah itu biarkan mengering selama 20 menit dan bilas dengan air bersih

3. Lemon
Buah Lemon memiliki banyak. Vitamin C dan asam alpha hidroksi yang dipercaya mampu membantu menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Perlu Anda ketahui selain mengandung vitamin C buah Lemon dikenal juga sebagai agen bleaching alami yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kekusaman terutama yang disebabkan oleh sinar matahari.

Cara penggunaannya
Peraslah air lemon Celupkan kapas pada air perasan lemon, Setelah itu oleskan kapas yang telah dibasahi pada wajah. Selanjutnya diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Hindari mengoleskan lemon pada kulit yang terluka dan teriritasi.

4. Alpukat
Buah yang satu ini ternyata bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal.

Cara penggunaannya
Haluskan daging alpukat hingga lembut, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Setelah itu diamkan selama 25 menit. Lalu setelah itu bilas dengan air bersih

5. Pepaya
Buah Pepaya dipercaya dapat membantu regenerasi kulit karena kaya akan enzim papain danbanyak mengandung Vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan dalam buah pepaya juga mampu menutrisi dan melembabkan kulit. Buah Pepaya merupakan tabir surya alami yang dapat menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pepaya dapat dikonsumsi secara langsung untuk mencerahkan kulit atau dibuat menjadi masker wajah.

6. Kiwi
Buah kiwi juga mampu membantu menjadikan kulit wajah tampak cerah. Kandungan Pektin serta nutrisi di dalam buah kiwi berperan memberantas kulit keriput maupun noda kulit membandel.

Cara penggunaannya
Blender buah jiwi sampai lembut seperti menjadi bubur. Buat masker ke wajah sampai kemudian diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air.

7. Apel
Kolagen pada buah Apel juga membantu menunjang kulit wajah agar tetap cantik dan berseri. Di mana senyawa alami ini mampu menghambat proses penuaan dini dengan cara menjaga kulit tetap elastis, menyingkirkan noda pada kulit, hingga berperan sebagai penangkal radikal bebas penyebab kulit mengalami kerusakan.

Cara penggunaannya
Hancurkan apel sampai lembut kemudian Tuangkan beberapa sendok madu. Setela itu aduk keduanya sampai merata. Balurkan masker buah apel ke wajah sampai bagian kulit di seluruh tubuh. Tunggu sampai 15 menit atau kira-kira masker kulit tadi sudah mengering, Barulah membersihkannya dengan air.

8. Starawberry
Buah merah mungil yang cantik ini ternyata banyak mengandung Ellagic loh. Dan ternyata bagus untuk mengatasi flek hitam pada wajah dan dapat mencerahkan wajah Anda secara alami.

Cara penggunaannya.
Langkah pertama haluskan buah strawberry hingga lembut, kemudian campur dengan susu hingga mengental. Selanjutnya Gunakan sebagai masker wajah. Diamkan beberpa menti kemudian bilas dengan air putih.

Itulah beberpa jenis buah yang sering digunakan untuk membantu proses memutihkan wajah secara alami. Selain buah-buahan ada juga bahan lain yang dapat Anda gunakan. Salah satunya mengunakan sayuran. Ada beberpa sayuran yang biasa dimasak yang bisa digunakan untuk membantu memutihkan kulit.

9. Kentang
aranya yaitu dengan memarut kentang sampai halus, kemudian peras kentang tersebut untuk mendapatkan sarinya. Kemudian ambil sari tersebut lalu oleskan pada area sekitar wajah atau bagian tubuh lainnya. lalu diamkan terlebih dahulu hingga kurang lebih 20 menit dan kemudian basuhlah menggunakan air hangat dan diteruskan dengan air dingin. Cara ini sangat efektif jika anda mengaplikasikannya secara rutin, yaitu sesaat sebelum anda tidur. Pemakaian bahan kentang ini sangat cocok untuk sekali bagi anda yang memiliki jenis kulit yang normal.

10. Mentimun
Metimun mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat digunakan untuk mengatasi kekusaman kulit. Mentimun juga dapat menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan bekas jerawat dan lingkar hitam disekitar wajah.

Cara penggunaannya
Iris ketimun dan letakkan irisan ketimun langsung pada wajah kemudian diamkan selama beberapa menit selanjutnya bilas dengan air hangat dan keringkan.

11. Lobak Putih
Tidak hanya digunakan sebagai bahan sayuran saja namun juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami. KAndungan vitamin B vitamin C, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan kulit anda. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat.

Cara penggunaannya
Haluskan satu buah lobak putih kemudian campurkan 2 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Oleskan pada wajah selanjutnya diiamkan selama 30 menit
Bilas wajah dengan air bersih.

12. Teh hijau
Teh hijau banyak mengandung anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga membantu kulit agar dapat beregenerasi dengan cepat serta juga dapat mengangkat sel kulit mati.

Cara penggunaannya
Tumbuk atau hancurkan daun teh hijau dengan cara di blender. Gunakan sebagai masker kemudian oleskan kepada kulit wajah. Diamkan beberpa menit setalah itu bilas dengan air.

13. Tomat
Selain murah dan mudah ditemukan dimana saja tomat ternyata banyak mengandung Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine. Senyawa tersebut terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat dijadikan tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara Penggunaannya
Tumbuklah tomat hingga menjadi bubur, kemudian oleskan pada wajah, setelah itu
diamkan selama 30 menit, selanutnya bilas dengan air bersih.

Selain Sayuran ada beberapa bahan lain yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit wajah. Ya memang banyak sekali bahan-bahan yang bisa digunakan secara alami. Nah jika Anda sudah mencoba memutihkan kulit dengan buah dan syuran yang telah disebutkan diatas. Anda juga bisa mencoba beberpa bahan alami berikut ini.

14. Lidah Buaya
Anda sudah pasti tahu dengan jenis tanaman lidah buaya. Ya tanaman ini ternyata banyak mengandung Zat yangdapat membantu menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya.Lidah buaya mampu menjaga kesehatan dan keindahan rambut, juga berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah.

Cara penggunaannya
Kupas kulit lidah buaya kemudian ambil gel lidah buaya yang ada di tengah. Setelah itu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Selanjutnya diiamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

15. Putih telur
Bagi anada yang tidak suka dengan telur teurtama putih telurnya, maka jangan dibuang karena putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

16. Susu
Selain banyak digunakan menajdi olahan makana dan minuman ternyata susu juga dapat digunakan untuk merawat kulit wajah. Pada wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Karena itulah, cara ini cocok untuk jenis kulit yang kering.

17. Yogurt
Produk olahan susu ini selain enak ternyata banyak mengandung kalsium dan zinc. Kalsium pada yogurt berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami.

Cara penggunaannya
Siapkan yogurt segar tanpa rasa kemudian pakailah sebagai masker wajah. Setelah itu oleskan pada wajah. Selanjutnya diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat.

18. Minyak Zitun
Minyak yang satu in memang luar biasa karena mengandung zat linoleic acid yang dapat membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Cara Penggunaanya
Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu setalah itu pakailah sebagai masker wajah. Lalu diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

19. Madu
Simanis yang satu ini merupakan pelembab alami wajah. Madu dapat membantu mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati.

Cara penggunaannya
Ambil 1 sdm madu kemudian oleskan pada wajah selanjutnya Diamkan selama 30 menit, Lalu bilas dengan air bersih.

Itulah beberpa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menjaga, merawat serta memutihkan kulit wajah. Untuk hasil yang maksimal anda bisa menggunakan bahan-bahan alami diatas secara rutin dan teratur. Beberpa bahan diatas ada uda yang bisa di kombinasikan atau dicampur antara bahan stu dan bhana lain. Misalnya madu bisa di gunakan pada bahan apa saja untuk digunakan masker. Untuk masalah hasil setiap orang pasti berbeda beda tergantung dari cara pemakaiandan jenis kuit. Bahan-bahan diatas hanya perantara yang dapat membantu memutihkan kulit.

Selain dengan bahan alami, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan beberpa kosmetik kecantikan yang dijual dipasaran untuk membantu memutihkan kulit wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *