Beginilah Cara Menanm Tanamn Buah Anggur Di Pot

Beginilah Cara Menanm Tanamn Buah Anggur Di Pot

Buah anggur memang meiliki rasa yang enak karena termasuk kedalam buah kelas tinggi yang istimewa. Meski banyak yang menyukai buah ini, namun tidak sedik orang yang tidak sering  membeli buah anggur karena harganya yang mahal. Meskipun demikian, Anda masih bisa menikmati buah yang berbentuk kecil bulat ini dengan biaya yang lebih murah. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah dan simple!. Anda bisa mencoba menanam buah anggur dihalaman rumah Anda. Jika halama rumah anda sempit, Anda bisa menanamnya di pot dan nanti setelah berbuah Anda bisa menikma ti bukan hanya buahnya, tetapi juga manfaat buah anggur itu sendiri. Tertarik untuk menananamnya? maka Beginilah Cara Menanm Tanamn Buah Anggur Di Pot

Berkebun adalah hobi yang menyenangkan. Selain itu, hobi berkebun juga bisa menguntungkan jika pohon yang kita tanam bisa berbuah dengan baik. Salah satu ide berkebun yang menarik untuk dilakukan adalah budidaya tanaman anggur dalam pot. Sebelum melakukan penanaman anggur dalam pot, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, diantaranya:

1. Lokasi

Budidaya anggur tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Anggur hanya dapat hidup dengan baik di daerah bersuhu panas dan berkelembaban rendah. Itu berarti, tempat yang sempurna untuk budidaya anggur adalah daerah tepi pantai. Lokasinya pun harus dipilih. Sebaiknya, jangan meletakkan pot anggur di tempat yang terlalu luas atau terlalu terbuka. Angin yang terlalu kencang dan suhu udara yang tidak stabil dapat menghambat pertumbuhan anggur.

2. Pot

Jangan dikira anggur dapat tumbuh dengan baik di pot apapun. Pada kenyataannya, ukuran dan jenis pot dapat memberi pengaruh yang cukup signifikan pada pertumbuhan anggur. Pot yang paling baik adalah pot tanah liat karena pot ini memiliki pori-pori yang dapat menyerap air. Jika tidak ada pot tanah liat, bisa digunakan pot semen. Pot yang paling buruk adalah pot plastik karena plastik tidak memiliki pori-pori sama sekali.

3. Media Tanam

Media tanam yang paling cocok untuk tanaman anggur adalah pasir. Karena, pasir memiliki tekstur yang renggang sehingga akar tanaman anggur dapat tumbuh dan bergerak dengan lebih mudah. Agar lebih gembur, pasir dapat dicampur dengan pupuk kandang atau humus.

4. Benih

Benih anggur dapat didapat dengan berbagai macam, antara lain biji, setek, dan cangkok. Namun, benih yang paling mudah adalah setek. Setek yang baik harus memiliki akar yang panjang dan daunnya sudah mulai berkembang.

Jika semua persiapan sudah dilakukan dengan baik, maka Anda dapat mulai melakukan penanaman. Sebelum menanam benih anggur, mula-mula isi pot dengan potongan batu bata dan genting pada bagian dasarnya. Setelah itu, isi pot dengan pasir hingga memenuhi setengah pot. Letakkan benih anggurnya dan isi kembali pot dengan pasir sampai penuh. Siram dengan air. Setelah disiram, pasirnya akan mengalami pemadatan dan penurunan permukaan.

Budidaya tanaman anggur dalam pot ini sangatlah mudah. Bahkan, jauh lebih mudah dibandingkan perawatan tanaman anggur dalam tanah. Anggur dalam pot ini cukup disiram setiap sore hari. Pemangkasan dan pemupukan pun hanya perlu dilakukan sesekali. Pada dasarnya, budidaya anggur dalam pot tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Asal mau telaten dalam merawatnya, anggur-anggur Anda pasti akan tumbuh dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *